Jumat, 26 Juli 2013

Kalo begini namanya apa??

Kalian semua pada tau kan jaman sekarang banyak banget cara-cara untuk masuk ke perguruan tinggi negri.. Mulai dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri) yang mulai tahun ini hanya melihat dari nilai raport SMA mulai dari semester1 sampai semester 5.. kalo SNMPTN tahun ini yaa sama aja dengan Jalur Undangan tahun lalu lah... So banyak diburu olah para pelajar yang berebutan mau masuk PTN (Perguruan Tinggi Negri), karena kalo kalian diterima pada jalur ini, pastinya ga usah pusing-pusing lagi buat belajar untuk mengikuti tes masuk PTN.. Dan kalo masalah biaya, dipastikan jauh lebih murah dibandingkan PTS (Perguruan Tinggi Swasta)..
Nah yang kedua, ada yang namanya SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri).. Nah kalo yang ini, sama aja dengan menerima subsidi dari pemerintah, tapi tesnya dipastikan SUSAH banget!! Apalagi dengan adanya Passing Grade yang harus dicapai untuk masing-masing jurusan dan PTN yang kita mau.. Bagi aku, untuk mencapai PG 60% itu ajaa susahh bangettt... soalnya PG yang bisa aku capai selama beberapa kali ikut Try Out paling tinggi cuma 42% (pasti kalian pada mikir, bego amat sih ni orang.. Itukan setara dengan nilai 4,2 di ujian-ujian sekolah --") tp yaa begitulah adanya... Susah kalo mau dijelasin. Pasti panjang banget... Apalagi dengan sistem penilaian yang menurutku ngga banget.. Benar = 4, salah = -1, kosong =  0..
Kalo yang ketiga ada yang namanay Jalur Mandiri. Ini cara yang paling dihindari oleh para calon mahasiswa. Karena dengan jalur ini kalian akan bayar jauh lebih mahal. Ibaratnya kalo mau masuk dengan jalur ini, ya harus sekuat-kuatan uang.. Siapa yang paling gede ya dia yang akan masuk..

Nah, ketiga jalur diatas itu pengumumannya selalu melalui internet.. Maklumlah, kata orang, jaman udah canggih, gada internet lo pada ga GAHOLLL katanya.. Apalagi kalo gak ada account Twitter ato Facebok yang sekarang lagi tren-trennya, sampe Wikipedia klah tenar.. --" Berhubung aku tinggal di daerah Bengkulu yang beberapa daerah plosoknya masih belum punya akses internet yang lancar kayak jalan tol di Jakarta, jadi yaa pastinya ada beberapa temenku yang kesulitan mengakses internet. Untungnya, dirumahku difasilitasi internet 24jam.. jadi bisa mengakses internet kalo gada hujan atao badai.. maklum, internetnya kurang canggih (gtau apa hubungannya :D).. Nah begitu pelajar SMA yang baru menerima hasil kelulusan sedang merasa dag dig dug  duar dengan hasil SNMPTN yang akan diterima beberapa hari setelah itu, aku sebagai pelajar yang normal juga merasakan hal yang sama dong, yaitu dag.dig.dug ga pake duarr.. Tapi bukan karena takut ga diterima, malah takut diterima (gilee, sombong amat ni orang)..  Nah pas hari H, tibalah saat pengumuman akan keluar, tepat pukul 17.00. Aku langsung mantengin komputer di rumah melihat hasil pengumuman. dan setelah memasukkan no peserta, pasword, dan ngeklik tombol di bawahnya,, Jrengggggg... ada tulisan beserta kolom hijau yang muncul di layar monitorku... Tulisannya, "SELAMAT, ANDA DINYATAKAN LULUS SNMPTN 2013".. Yahhhh... aku lulus... --"..
Nah, ngga lama kemudan HPku bergetar,, ada sms... pas dibuka muncul nama temenku yang tinggal di daerah sedikit plosok.. isinya,, "Sanak, tolong bukakan pengumuman ambo yo. Internet di rumah kacau. Iko nomor peserta kek pasword ambo ****************". Yang artinya mnta tolong liatin pegumuman dia. Karena aku berbaik hati, ku okekan saja permintaannya.. Sanak itu artinya sodara dalam bahasa bengkulu. Setelah kubuka pengumuman dengan nomor pesrta dan paswordnya, ternyata temanku itu tidak lulus SNMPTN.. Dengan tanpa dosa, langsung saja ku sms dia..

Aku     : Woi sanak, kau dak lulus..
Teman : Serius kau sanak??
Aku     : Serius. Maso ambo bohong..
Teman : Ais tuhla kau ko sanak. Maso ambo dak lulus..
Aku     : Lah kok jadi salahin ambo?
Teman : Tuhla, gara-gara kau yang buka pengumumanny jadi dak luluskan 
      ambo..
Aku     : Ih, kan ambo cuma nolong...
Teman : Kau sih bukanyo dak pake doa dulu biar ambo lulus.

Busettt.. Udah nolongin orang, disalahin lagi.. Waduh ga sopan nih orang.. Tapi gak papa lah. mungkin dia lagi stres atau mumet... Dan setelah itu dia baru ngomong kalo cuma bercanda.. Tapi kan lumayan buat tekanan batin juga dibilang buat anak orang ga lulus coyyy..... --"

Nah, setelah banyak yang gagal di SNMPTN, akhirnya banyak yang memutuskan untuk bertempur di SBMPTN. Meskipun banyak yag sudah menyerah, tapi demi masa depan mereka, merekapun memutuskan untuk tetap bertempur meski harus kalah.. Sebagai teman yang baik, aku hanya bisa bilang, "Semangat yaa SBMPTNnya.. semoga lulus dan harus lulus"... Siapa tau kan bisa nambahin semangat meski hanya 0.00000001%..
Setelah beberapa minggu setelah ujian SBMPTN, tibalah saatnya pengumuman.. Sebagai orang 'keppo', boleh dong cari tau temen-temenku siapa aja yang lulus.. Pas baru aja mau buka HP, tiba-tiba ada yang SMS,, "Gitaa, aku boleh mnta tolong ga? Internet di rumah lagi eror. Tolong bukain pengumuman SBMPTNku dong.. Plissssssss... Kamu kan baik hatiiii". Sebagai manusia normal, aku gamau dong predikat baik hati hilang begitu saja karena gamau tolong bukain pengumuman temen sendiri. Akhirnya dengan segala semangat aku pun menjawab "OKE".. Setelah diberikan nomor peserta, tanggal lahir, dan passwordnya, akupun membuka pengumumannya. Dan ternyata temenku itu TIDAK LULUS.. Semangatku pun hilangggg.. Dengan berat hati dan sedikit trauma dengan kejadian sebelumnya, akupun langsung mengirimkan SMS ke dia..

Aku : Sorry kamu ga lulus
Dia  : Ah masa? Bercanda ah kamu
Aku : Ihh, beneran. ga pake bo'ong
Dia  : Udah jujur aja, aku ketrima di jurusan apaa??
          (Buset, nyolot amat ni orang --")
Aku : Jurusan apa? lulus aja kagak --"
Dia  : Jadi kamu beneran, ga bo'ong?
Aku : Ya bener lahhhhh...
Dia  : Yah.. Coba tadi aku minta orang lain bukain. Siapa tau kalo 
    orang lain yang buka aku bisa lulus
Aku : Yah, salah sendiri
Dia  : Ya udah de. makasih yaa..
Aku : sama-sama..

Tuh kan bener.. dituduh buat anak orang ga lulus lagi.. Gila ini manusia-manusia.. Ga terima keadaan banget sihh.. --".. malah jadi nyalahin orang yang unyu-unyu berbaik hati mau nolongin... Parah... Tapi buat aku, itu cuma kebetulan... Maklum, orang-orang lagi stres dan galau memang begitu.. ga cuma karena putus cinta ato brantem sama si do'i ajaa.. (apaan sihhh)

Nah setelah sebulan lebih setelah kejadian yang hampir terlupakan itu, tiba-tiba ada sahabatku sms.. Cuma ngasih tau, kalo hari itu adalah pengumuman Jalur mandiri di Universitas Bengkulu. Tanpa respon yang biasanya keppo, aku pun hanya mengiyakan.. Eh, panjang umur, ga lama setelah itu HPku bergetar.. Kali ini bukan SMS,, tapi telepon dari salah seorang teman sebangku ku di SMA! Wah penting nih. batinku..
     "Hallo"
     "Hallo, Git, saya boleh minta tolong ga?"
     "Minta tolong apa? Boleh kokk.."
     "Tolong bukain website UNIB dong. mau liat pengumumannya. Soalnya internet disini gamau
       jalan"
Jrenggggg.. Mita tolong ini lagiii.. Tapi inget, kemaren kan cuma kebetulan. Kali ini temen aku yang ini pasti lulus, batiku. Lagipula kan aku lagi di depan laptop dan memang lagi interetan. Gak papalah... (maklum, oarng baik hati susah bo'ong)
     "Oke, websitenya apa? SMSin aja sama nomor peserta dan lain-lainnya yaa"
     "Oke, makasih ya Git"
     "Sama-sama"
 Setelah SMSnya masuk, akupun langsung mengetikkan alamat Web yang dituju. Memasukkan Nomor peserta dan pasword. Lalu Login. Dag Dig Dugggg.. Kok malah aku yang dag dig dug sih. kan cuma nolongin orang... --"... Setelah terbuka, disana tertera tulisan "LIHAT HASIL SELEKSI". Reflek, langsung ku klik tombol itu,,,, dannnnn.... Taraaaaaaa... Tulisannya "Maaf, anda BELUM DITERIMA di Unib"... Tiba-tiba HP ku berdering, orang yang beberapa menit lalu nelpon aku, menelepon.. Dengan sedikit perasaan tidak enak, akupun mengangkatnya..
     "Gimana Git hasilnya?"
     "Yah,, disini tulisannya kamu belum diterima"
     "Maksudnya belum diterima loginnya?"
     "Eh, bukan, udah kebuka kok.. emm.. tapii. yaa ituuu.. Belum ketrima.."
     "Belum ketrima yaa.. hmmmmmm... Yasudahlah, gak apa-apa. Makasih yaa."
     "Oh iya, sama-sama"
Fuihhhhhhh... Untungnya ga dituduh lagi.. tapii, kok aku berasa aneh yaa. Iba juga mendengar kalimat terakhirnya yang terdengar sedikit putus asa itu.. ah, tapi yang penting ga disalahin lagi..
Setelah itu, akupun membatin.. Apa mungkin memang aku ga boleh liatin pengumuman orang? masa udah tiga kali dengan orang yang berbeda, hasilnya ga lulus melulu.. Sedih amat sih... Tapi ya mungkin itu kebetulan lagi untuk yang ketiga kalinya.. --"

Nah, buat temen-temen yang sampe saat ini belum diterima di PTN, jangan putus asa yaa.. Tetep semangat. Kata orang kalo udah gagal diawal, pasti didepan bakalan sukses kalo kita ga nyerah.. :D meskipun kalimat terakhir ini ga ada hubungannya sama cerita di atas, tetep optimis yaa buat temen-temen semua :) .. (rada ga nyambung sih)..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar