Senin, 29 Juli 2013

Ini Menurutku,, Menurut Kalian? (Penyesalan vs Menerima Kenyataan)

Disini aku cuma mau ngshare apa yang menjadi salah satu pedoman hidupku..

Hm,, kalian pernah gak mengalami suatu kejadian yang buat penyesalan?? Mungkin misalnya kehilangan sesuatu barang penting di jalan, ngerusakin suatu barang, mendapat nilai jelek dan harus remidial, ban sepeda bocor, punya pacar yang ternyata baru kita tau gimana sisi negatifnya, atau hal-hal lain yang selalu menimbulkan penyesalan.. Aku yakin kalian pasti pernah ngalamin hal-hal seperti itu...
Ada ga yang pernah ngalamin kejadian misalnya :
  1. Pas kehilangan barang dijalan, misalnya dompet, hp, atau pun yang lainnya, mungkin karena terjatuh entah dimana, diambil orang dan kita tidak menyadari, atau dirampok, trus kalian mengalami yang namanya PENYESALAN.. Kemudian kalian pulang kerumah dan berfikir "coba tadi ga dibawa, pasti ga akan hilang" atau "Coba tadi ga di simpan di kantong, pasti ga akan hilang" atau "coba..." - "coba...." yang lainnya lagi.. 
  2. Pas kalian ngerusakin suatu barang, mungkin karena terjatuh, salah dioperasikan, terbentur, atau hal-hal lain yang memungkinkan untuk merusakan suatu barang, trus kalian berkata "Coba tadi ga dipake" atau "Coba tadi ga diginiin, pasti ga rusak" atau "coba tadi lebih hati-hati, pasti ga begini jadinya"..
  3. Pas dapet nilai jelek dan harus remidial (ini biasanya buat para pelajar yang malas seperti saya.. XD) trus kalian berfikir "ah, coba kemarin belajarnya rajin" atau "Coba kemarin perhatiin gurunya, pasti bisa" atau yang lebih parah lagi buat pelajar "coba tadi nyontek, pasti ga akan merah nilainya" --"
  4. Pas ban sepeda, motor, atau mobil bocor, dan kalian menyesali kejadian yang seharusnya ga perlu disesali.. Toh itu namanya musibah.. (menurut aku sihh yaa.. :D)
  5. Pas punya pacar yang ternyata kalian baru tau kalo dia itu pembohong lah, selingkuh lah, suka kentut sembarangan lah, kadang gatau malu lahh, dan ini itu yang lainnya yang kadang buat kita ilfil atau keki.. Trus kalian ngomel-ngomel dan bilang "Ah, coba aku ga pacaran sama dia" stau buat yang cewek "coba kemarin ga aku terima aja tuh orang.
  6. Dan hal-hal lain yang ujung-ujungnya selalu ada kata "coba tadi....."
Jujur aja, aku pernah bahkan sering mengalami hal di atas. Buatku, kejadian yang menimbulkan penyesalan dan terjadi dalam hidup kita itu adalah sebuah tantangan hidup. Sebuah pembelajaran hidup yang harusnya bisa buat kita lebih dewasa, berfikiran lebih matang, dan lebih hati-hati lagi untuk kedepannya. Memang pasti kita akan mengalami yang namanya kejadian yang membuat kita terpukul atau menjadi terlibat dalam sebuah masalah, tapi buatku itu adalah sebuah dan salah satu resiko dalam hidup. Kalo kalian ga siap menghadapinya, ya udah ga usah hidup (sadisnyeee....).
Emang kalo kamu selalu mengatakan kata-kata penyesalan yang buat aku ga ada mutunya itu, kejadiannya bisa diulang atau bahasa kerennya bisa di replay kayak pemutar audio gituu biar bisa diantisipasi?? Di sebuah kitab, ada yang berbunyi, "apa yang harusnya terjadi, terjadilah menurut kehendakMu". Buat aku kata-kata itu adalah kata-kata bagus yang menyatakan kalo kita sudah siap hidup di dunia dan siap menghadapi resiko hidup. Mungkin tidak semua orang bahkan mungkin tidak ada yang setuju dengan pendapatku. Tapi inilah kenyataan. Yang sudah terjadi biarkanlah terjadi. Kita cuma bisa mengantisipasi untuk kejadian yang akan datang. Yang perlu kita pikirkan itu cuma yang akan datang, bukan yang sudah berlalu. Mungkin kita harus belajar sama yang namanya menerima kenyataan. Karena faktanya banyak orang yang stress, gila, atau meninggal bunuh diri karena tidak bisa menerima kenyataan. Dan menurut aku banyak juga orang yang selalu berkutat dengan kata-kata "coba tadi...." "seandainya ajaaa.......".
Aku tidak mengatakan kalo kita harus menjadi orang yang ceroboh, tidak bertanggung jawab, atau terlalu berpasrah loh. Tapi aku cuma ingin menyampaikan, kalau kita harus lebih bisa belajar dari kejadian yang udah terjadi dan ga perlu menyalahkan apapun dan siapapun, dan pastinya tidak perlu terlalu terlarut dengan yang namanya penyesalan. Apa yang sudah kita lakukan, itu sudah ada jalurnya. Toh kita ga akan pernah tau kejadian yang akan terjadi 5 menit, bahkan 5 detik yang akan datang pun. Bisa aja kita yang sekarang lagi duduk di depan komputer, laptop, atau hp untuk membaca artikel ini, tiba-tiba 5 detik kemudian berdiri, terpeleset, jatuh dan tanpa terduga langsung meninggal. Bukan mau nyumpahin loh.. Tapi itu salah satu dari miliaran kemungkinan yang mungkin saja terjadi.. So, belajarlah untuk menerima kenyataan dan jadikan itu pelajaran untuk hidup kita yang akan datang.
"JIKA SETIAP DETIK KITA LEWATI DENGAN SENYUMAN, APAPUN AKAN MENJADI KEMENANGAN"..

Best Regrads.. -IB-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar